Aa Gym Menikah Lagi

Setelah sempat bercerai, pasangan dai kondang KH Abdullah Gymnastiar dan Ninih Mutmainah memutuskan kembali mengikat tali perkawinan di antara mereka. Selasa (13/3) pagi berkisar pukul 08.00, akad nikah Aa Gym dan Teh Ninih dilakukan di tempat mempelai perempuan, daerah Sariwangi, Kec Parongpong, Kab Bandung Barat.

Aa Gym dan Teh Ninih harus kembali melakukan pernikahan mengingat syarat rujuk sudah terlampaui. Masa rujuk berlaku 100 hari sejak ikrar talak diucapkan. Pengucapan talak cerai itu sudah dilakukan Pimpinan Ponpes Daarut Tauhid (DT) itu pada 26 Juli 2011 silam.

Usai melakukan akad nikah kembali, sejam kemudian keduanya menggelar resepsi sederhana di kompleks Ponpes Daarut Tauhid, kawasan Gegerkalong, Kota Bandung. Keluarga, kerabat, dan tetangga diundang dalam pernikahan itu. Mereka bergantian keluar masuk untuk mengucapkan selamat.

Benar ada berita bahagia dari keduanya? “Alhamdulillah, mohon doanya,” kata Teh Rasmi, staf Teh Ninih membenarkan sambil menebar senyum di rumah kedua pasangan itu.

“Teh Ninih masih menerima tamu di dalam. Yang jelas, acara itu dihadiri anggota keluarga, lengkap,” imbuhnya. Hingga sore, Teh Ninih tak tampak meninggalkan rumah.

Sedangkan Aa Gym, berdasarkan pantauan Senin (12/3) siang, tidak tampak termasuk di Masjid DT. Anggota keluarga yang sempat terlihat adalah menantunya, Harpinadi Ihram (28), suami dari anak tertua Aa Gym-Teh Ninih, Ghaida Tsurayya (20). Harpinadi menolak berkomentar terkait peristiwa itu.

Pada sore hari, Aa Gym tampak meninggalkan kompleks DT dengan Toyota Innova Nopol B 1622 QQ. Dari dalam mobil, dai yang ngetop dengan jargon “Jagalah Hati” itu sempat mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut.

“Iya tadi jam 8. Semua ada waktunya. Semua ada yang mengatur. Semoga bisa jadi kebaikan bagi semua pihak,” katanya kepada wartawan.

Kejutan menggembirakan
Ghaida Tsurayya yang ditemui saat keluar rumah merespon positif pernikahan kembali orang tuanya. Dia berharap ayah dan ibunya mampu mewujudkan keluarga yang lebih baik lagi.

“Kami anak-anak hanya bisa menyupport, mendoakan. Kami tentu senang. Semoga dapat menjadi keluarga yang lebih baik lagi. Benar-benar sakinah, mawaddah, dan warrahmah,” tandasnya.

Di lingkungan tetangga, peristiwa kembalinya Aa Gym ke pangkuan Teh Ninih itu disambut gembira. Rencana tersebut sudah santer terdengar sebulan sebelumnya. “Bisa dibilang ini merupakan surprise. Gosipnya sih sudah lama. Saya jelas bergembira karena mengingatkan pada upaya keduanya sehingga DT menjadi jaya,” ucap tetangganya, Dita (28).

Dita yang juga membuka kios pakaian, kurang dari 20 meter dari kediaman dua pasangan terkenal itu sempat memberikan ucapan selamat langsung kepada Teh Ninih saat resepsi. “Teteh yang mengenakan baju berwarna krem terlihat berseri-seri, fres, dan juga lebih bersih. Teteh sempat berucap, Alhamdulillah, mohon doanya dari semua ummat,” jelasnya.

Terpisah, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukasari, Kota Bandung yang membawahi wilayah Gegerkalong menyebutkan bahwa Aa Gym tak tercatat memberitahukan pernikahannya itu.

“Tidak ada laporan resmi ke sini. Berkas persyaratan bagi keluarnya surat pengantar nikah pihak pria juga tak pernah dikeluarkan. Kemungkinan pernikahan itu dilakukan secara syariah, dalam hal ini oleh ayah dari pihak perempuan,” kata Kepala KUA Sukasari, HE Sobana.

Dia mengakui bahwa salah satu anggota keluarga Aa Gym sempat memberitahukan secara lisan tentang rencana pernikahan itu pada pekan lalu. Hanya saja, pihaknya sampai kemarin belum menerima permohonan menikah secara negara dengan serangkaian pemenuhan dokumen yang diperlukan.

Agar tercatat secara resmi, Sobana menyebut syaratnya memang cukup berliku. Selain surat  keterangan RT/RW setempat, sebagai mempelai pria, Aa Gym harus menyertakan pula izin berpoligami yang dikeluarkan Pengadilan Agama.

Izin tersebut terkait dengan pernikahannya dengan Alfarini Eridani. Proses tersebut, imbuhnya, sejauh ini belum diproses Aa Gym.
Dalam kaitan itu, Sobana pun menjelaskan bahwa pernikahan kembali itu juga menempatkan Teh Ninih sebagai istri muda Aa Gym sekalipun merupakan istri pertama dalam sejarah pernikahan Aa Gym. Sebaliknya, Teh Rini kini menjadi istri tua.

“Posisinya sekarang seperti itu terlepas Aa Gym pernah menikahinya. Itu masa lalu. Istilahnya Teh Ninih jadi istri muda sedangkan Teh Rini jadi istri tuanya,” kata Sobana.

Pasangan Aa Gym-Teh Ninih menikah pertama kali pada 5 November 1987. Dinamika yang dilaluinya adalah termasuk membesarkan DT. Pada 2006, publik dikejutkan pernikahan Aa Gym dengan The Rini. Eksistensi DT yang memiliki sejumlah usaha pun terpengaruh.

Kehadiran Teh Rini bahkan sempat dikait-kaitkan ketika Aa-Teh Ninih memilih bercerai. Gugatan cerai Aa Gym pun ketika itu dikabulkan majelis hakim pada putusan 21 Juni 2011. Akhirnya, talak satu raj’i pun dijatuhkan hingga kemudian waktu menentukan lain. Pasangan yang telah dikaruniai 7 anak itu ternyata kemudian memilih bersatu lagi.(suaramerdeka.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: