Indonesia vs Malaysia, Perang Suporter di Dunia Maya

Pertemuan pertama partai final Piala AFF 2010 Malaysia vs Indonesia baru dihelat di Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (26/12), tapi suasana panas kedua kubu telah ditabuh. Saling caci maki di antara kedua pendukung negara bertetangga ini memenuhi ruangan dunia maya via twitter maupun facebook. Tapi ada juga yang mencoba mendinginkan suasana.

Seperti sudah diketahui, tidak harmonisnya hubungan Indonesia dan Malaysia dimulai sejak munculnya kasus Ambalat yang diklaim negeri Jiran sebagai wilayah mereka. Selanjutnya, berbagai kebudayaan Indonesia, seperti Tari Reog dari Ponorogo, lagu daerah ‘Rasa Sayang-sayange’ dari Maluku, hingga batik bahkan diklaim sebagai milik Malaysia.

Hal itulah yang lantas menimbulkan kemarahan rakyat Indonesia, sehingga semakin mempererat sikap nasionalisme di antara a suporter setelah bertemu dengan Malaysia di partai final Piala AFF. Kabarnya, puluhan ribu rakyat Indonesia di Negeri Jiran, akan memerah-putihkankan stadion Bukit Jalil.

DUKUNGAN JAKMANIA

“Kami dikabarkan jika para suporter yang berada di Malaysia akan datang ke Stadion Nasional Bukit Jalil untuk mendukung timnas Indonesia. Sebagian dari mereka adalah The Jakmania yang kini bekerja dan kuliah di Malaysia,” aku Sekretaris Jenderal The Jakmania, Richard Ahmad, saat dihubungi Pos Kota, Selasa (21/12).

“Karena ini laga yang sangat emosional, jadi saya pikir bukan hanya The Jakmania yang merasa terpanggil untuk mendukung timnas. Seluruh warga negara Indonesia yang berada di Malaysia dan Singapura, juga pasti akan datang ke Stadion,” lanjutnya.

Harimau Malaya tampaknya ngeper melihat dukungan tim Garuda. Hal ini terlihat dengan berbagai cara yang dilakukan oleh Malaysia untuk menghindari lebih banyaknya para suporter Indonesia ketimbang Malaysia. Hal itu terungkap melalui pernyataaan Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Azzuddin Ahmad.

“Kami akan membatasi tiket untuk para pendukung Indonesia. Kami akan memberikan 15 ribu tiket seharga 30 ringgit atau setara Rp86.500 dan 500 tiket lainnya seharga 50 ringgit atau setara Rp144.000 untuk mereka. Hal ini sudah kami sampaikan kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur,” katanya, Selasa (21/12).

Kekhawatiran penguasaan Stadion oleh para suporter Indonesia juga terungkap dari pernyataan Manajer Tim Nasional Sepak Bola Malaysia, Datuk Subahan Kamal. “Beli tiket lebih awal, kalau bisa dapatkan beberapa hari sebelum pertandingan supaya tiket tidak kehabisan karena diborong oleh pendukung lawan kita yang memang ketahui cukup bersemangat ingin menonton pertandingan ini,” kata Subahan seperti dikutip utusanonline.

Di dalam negeri, ajakan untuk ‘melawan’ Malaysia juga disampaikan melalui berbagai cara. Ada yang mengajak suporter untuk mengenakan batik saat menyaksikan pertandingan final nanti hingga menyanyikan lagu Rasa Sayange untuk mengejek Malaysia yang senang mengklaim karya anak bangsa Indonesia.

TIKET PESAWAT DISERBU

Besarnya dukungan suporter sepakbola Indonesia terhadap Timnas yang sedang mencapai puncaknya terlihat pula dari penjualan tiket pesawat. Bahkan untuk partai final leg pertama di Kualalumpur, Malaysia, tiket pesawat Garuda Indonesia sudah habis terjual.

”Tiket untuk tanggal 25 dan 26 Desember sudah habis terjual. Bahkan kami akan menambah penerbangan lagi ke Kualalumpur untuk tanggal 26 Desember,” cetus Ikhsan, humas Garuda Indonesia, semalam kepada Pos Kota.

Menurut Ikhsan, sejak kemarin, tiket pesawat Garuda ke Kualalumpur sudah laku keras setelah Indonesia lolos ke babak final. Ikhsan menjelaskan, pada 26 Desember Garuda Indonesia menambah penerbangan dengan pesawat Boeing 747-400 yang berkapasitas 428 tempat duduk. Penambahan seat pesawat ini juga diyakini bakal habis terjual dalam dua hari ke depan. Makanya Garuda juga menyiapkan pesawat cadangan lain. ”Yang pasti baru satu pesawat kita tambahkan yakni Boeing 747-400,” katanya.

Ia menambahkan, setiap harinya Garuda melakukan dua kali penerbangan ke Malaysia, yakni Pkl. 08:45 WIB dan Pkl. 17:10 WIB. Setiap penerbangan tersebut membawa 150 penumpang, berarti jika dua kali dalam sehari berarti akan membawa 300 penumpang.

Mengenai penambahan pesawat Boeing 747-400 tadi, Ikhsan beralasan itu demi kesuksesan Timnas Indonesia bertanding di negeri tetangga. ”Jika pendukung Indonesia menyaksikan langsung di Stadion Bukit Djalil, maka semangat Timnas pun bertambah,” katanya.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menegaskan pemberian tiket pertandingan sepakbola Piala AFF kepada penyelenggara negara dan pegawai negeri masuk kategori gratifikasi.

Untuk itu, KPK mengimbau pihak-pihak yang selama ini mendapat tiket pertandingan, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, agar segera melapor.

“Tentunya bukan masalah siapanya yang mengkoordinir (termasuk Presiden). Tapi yang menerima itu termasuk penyelenggara negara atau bukan,” kata Wakil Ketua KPK M Jasin, di Gedung KPK, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (21/12).

Menurut Jasin, dimasukannya pemberian tiket sebagai bentuk gratifikasi sesuai dengan pasal 12 B undang-undang 31/1999 sebagaimana diubah 20/2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).
Menurutnya, dalam gratifikasi itu termasuk diskon, pemberian uang, barang, entertain, tiket pesawat, hotel serta akomodasi lain.

“Bukan hanya tiket pesawat saja, termasuk tiket nonton bola,” Kata Jasin “Itu bukan perintah KPK, tapi undang-undang.” Untuk itu, Jasin meminta agar pihak-pihak yang selama mendapat guyuran tiket dari penyelenggara pertandingan Piala AFF, dalam hal ini Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), agar segera melapor ke KPK.

Dalam dua pertandingan semifinal Piala AFF cukup banyak sejumlah pejabat bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ikut menikmati pertandingan langsung dari stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, dalam berbagai kesempatan menjelaskan pihaknya mengundang pejabat negara sebagai kewajaran. Lantaran di beberapa negara, pejabat negara juga diundang sebagai tamu kehormatan. Semuanya dilakukan sesuai standar FIFA dan AFC. (poskota)

** untuk ikut berkomentar silahkan isi nama (terserah nama) kemudian isi alamat email (boleh sembarang email yang penting pakai @yahoo.com atau @hotmail.com

About these ads

125 Tanggapan

  1. Joss! :D

    • kita orang indonesia ga usah ikut2an kaya malaysia ; mereka memang kurang beradab dilihat dari cara2 dan sikap mereka itu juga kelihatan sangat kampungan .dengerin mereka ngomong aja udah geli dengan bahasa dan cengkoknya itu tapi mereka sadar dan tau diri juga , apa mau dikata uda nature mereka seperti itu kurang beradab.
      mereka cuman kebetulan dapet pemimpin yang bisa majukan ekonomi tapi selebihnya mereka masih sangat kampungan !!!!

    • JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

      JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

  2. apa pun isu yang berkembang saat ini, carut-marutnya sistem penjualan tiket, pembagian tiket gratis, bobroknya kepengurusan PSSi, kompetisi laten diluar pertandingan (isu2 politik), dsb…, dsb…, KITA HARUS MENDOAKAN DAN MENDUKUNG KEMENANGAN TIMNAS SEPAK BOLA INDONESIA. Siapa tahu kebangkitan semangat membangun Indonesia agar Jaya Raya dimulai dari memen sepak bola ini.

  3. apa pun isu yang berkembang saat ini, carut-marutnya sistem penjualan tiket, pembagian tiket gratis, bobroknya kepengurusan PSSi, kompetisi laten diluar pertandingan (isu2 politik), dsb…, dsb…, KITA HARUS MENDOAKAN DAN MENDUKUNG KEMENANGAN TIMNAS SEPAK BOLA INDONESIA. Siapa tahu kebangkitan semangat membangun Indonesia agar Jaya Raya dimulai dari memen sepak bola ini.
    :) Salam,

    Mochammad

    http://mochammad4s.wordpress.com/

    http://piguranyapakuban.deviantart.com/

    http://notulabahasa.com/

  4. saya tadi pagi juga melihat blog Malaysia, ya.. persisi seperti ini

    tapi aku mendukung Indonesia

  5. Mari katakan, Sayang Malaysia!!!

  6. HAHAHAHA…..MALAYSIA….DASAR BANGSAT…BANGSA MALING…ROBBER….HINA DINA…TAPI TAK SEMUA ..HANYA ORANG MAYORITAS BANGSAT……

  7. KITA BOLEH SAYANG MALAYSIA..BAGI MALAYSIAN YANG TIDAK JAHAT…TIDAK BANGSAT..DAN ONLY GOOD MANNERED MALAYSIAN……OK ???
    OK???..OK???

  8. OF COURSE, KITA MESTI SAYANG MALAYSIAN…BUT WHICH ONE….OF COURSE THE GOOD MANNERED ONE…NOT EVIL ONE….HEHEHEHHH…

  9. SEBENARNYA TIDAK SEMUA ORANG MALAYSIAN JAHAT…INI HANYA SEGELINTIR ORANG MALAYSIAN YANG TIDAK SUKA….DAN PUNYA KEPENTINGAN MENGHASUT……PUNYA KEPENTINGAN POLITIC…..

  10. tunggu ko balasannya tanggal 29…!!!!

  11. menang kalah wajar dalam game,dasar sporter malay yg g punya aturan ,menghalalkan segala cara untuk menang…mari kita dukung tuk kebangkitan timnas kita..go…go..go…indonesia….terbanglah tinggi garudaku bantai malay…….laser dibalas santet….

    • pendukung Indonesia sudah mulai menggunakan laser sejak perlawanan peringkat kumpulan di antara Msia dan Iidonesia yang berlangsung di Indonesia. Pendukung Indonesia telah menyuluh laser ke wajah penjaga gawang Malaysia. Buktinya boleh dilihat dalam rakaman youtube perlawanan ketika Indonesia membenam malaysia 5-1. Namun pemain Malaysia tidak manja seperti pemain indonesia terutama penjaga gawang kalian yg nyata teramat manja.Udah kalah, mengaku saja dong. Enggak usah mencari salah lawan. Jika kalian berjiwa besar, mengaku saja dong.

      • ya,,, tp malasiya menang dgn tdk sportif,,
        apa kalian bangga,,, kemengan melalui kcuranga,,, pecundang,,,

      • malaysia pecundang, memutarbalikkan fakta, sungguh menyedihkan, hanya berisikan barang jiplakan, hobinya plagiat. suka mengambil yang bukan haknya. dan kampungan main bola apa MAIN LASER DAN PETASAN MAS!!!

      • malaysia asuuuuu gak punya malu bisanya ngambilpunya orang,dan malaysia bisanya ngikutin,mau nonton bola apa main laser dasar anak kecil

      • encek buleh bangga dulu je,besar kpala awk tu ha,engkau tengok 29 desember ni!….lapangan bola sepak malay dah bnyk jampi2,dah ktauan tu digawang indon,jgn banyak cakaplah engkau,kalah mnang dah biase je dlm permainan ni!

      • Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, mengungkapkan rasa kecewanya atas insiden laser yang terjadi dalam final leg pertama Piala AFF 2010 antara tuan rumah Malaysia vs Indonesia di stadion Bukit Jalil, Minggu (26/12) malam kemarin.

        Beberapa media di Indonesia mengecam insiden laser yang terjadi dalam partai final Piala AFF antara Malaysia vs Indonesia, Minggu (29/12) kemarin.

        Ulah suporter Malaysia menggunakan laser, dianggap sebagai usaha yang sengaja dilakukan untuk menggangu para pemain Garuda. Tapi rupanya kecaman itu tidak hanya datang dari dalam negeri saja.

        Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Ahmad Shabery Cheek, rupanya juga kecewa terhadap ulah suporter negaranya yang dianggap tidak sportif.

        “Saya kecewa. Saya tidak senang sama sekali, sungguh sikap yang sangat tidak sportif dari penggemar Malaysia yang melakukannya,” ujar Ahmad Shabery, seperti dilansir ANTARA.

        “Kami khawatir terjadi bentrokan antar para suporter jadi kami mengambil langkah pencegahan dengan memisahkan mereka tetapi menggunakan sinar laser adalah hal yang sedikit baru bagi kami,” lanjut sang Menteri

        “Saya tidak senang sama sekali. Sebenarnya, saya merasa malu di hadapan para tamu Indonesia saya,” tegasnya.

        Pertandingan itu sendiri akhirnya dimenangkan Malaysia dengan skor 3-0.

        Meski begitu, pelatih Indonesia Alfred Riedl rupanya lebih condong menyalahkan kegiatan dan agenda tak penting dari PSSI serta banyaknya permintaan wawancara pada pemain, yang menurutnya menggangu konsentrasi para pemainnya, ketimbang berkutat pada masalah laser…

        msh mungkir juga kau malon malingsia….anjing,,,,

      • oi anak anjing, lo bagusnya bukan anakbumimalaya…tapi anak buayamalingsia…..malon..lo, mntri lo j udh ngaku…masih aja lo ngeles….dasar bai tai…
        Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, mengungkapkan rasa kecewanya atas insiden laser yang terjadi dalam final leg pertama Piala AFF 2010 antara tuan rumah Malaysia vs Indonesia di stadion Bukit Jalil, Minggu (26/12) malam kemarin.

        Beberapa media di Indonesia mengecam insiden laser yang terjadi dalam partai final Piala AFF antara Malaysia vs Indonesia, Minggu (29/12) kemarin.

        Ulah suporter Malaysia menggunakan laser, dianggap sebagai usaha yang sengaja dilakukan untuk menggangu para pemain Garuda. Tapi rupanya kecaman itu tidak hanya datang dari dalam negeri saja.

        Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Ahmad Shabery Cheek, rupanya juga kecewa terhadap ulah suporter negaranya yang dianggap tidak sportif.

        “Saya kecewa. Saya tidak senang sama sekali, sungguh sikap yang sangat tidak sportif dari penggemar Malaysia yang melakukannya,” ujar Ahmad Shabery, seperti dilansir ANTARA.

        “Kami khawatir terjadi bentrokan antar para suporter jadi kami mengambil langkah pencegahan dengan memisahkan mereka tetapi menggunakan sinar laser adalah hal yang sedikit baru bagi kami,” lanjut sang Menteri

        “Saya tidak senang sama sekali. Sebenarnya, saya merasa malu di hadapan para tamu Indonesia saya,” tegasnya.

        Pertandingan itu sendiri akhirnya dimenangkan Malaysia dengan skor 3-0.

        Meski begitu, pelatih Indonesia Alfred Riedl rupanya lebih condong menyalahkan kegiatan dan agenda tak penting dari PSSI serta banyaknya permintaan wawancara pada pemain, yang menurutnya menggangu konsentrasi para pemainnya, ketimbang berkutat pada masalah laser.

      • yg penting kita adalah negara terhormat !! bukan MALING!

      • weleh itu yang nyoroti sinar laser sporter malingsia sendiri tolol, kena kipernya sendiri, coba dilihat kenapa firman utina yang kena.

      • hey malaysia..
        mana perna ya INA menggunakan laser duluan,…
        lo ya aja dasar negara tidak punya moral dan aturan,..
        macam mana gak punya aturan negara ya aj d pimpin sama sultan ,..
        sultan ya aj ggggggggeeeeeeeennnnnndddduuuuuttt
        hhahahahahahahah

      • He loe jangan mentang mentang kita duluan ya ! ini bukan menyangkut siapa yang dulu memulai ! Tapi yang jelas bangsa kami tidak terima dengan perbuatan melempar petasan kedalam lapangan pertandingan !

      • MALINGSIA ANJING BANSAT GX PUNYA BUDAYA

    • ayo brooo lanjut kan santet mu,jang tanggung ya bila perlu pake telur honta hahahaaha

  12. malasiya g punya malu,,, mnang dngan tdk sportip,, pecundang,,,

    • # udah2 brooo jngn ributt

      sabar2,,,,,kita semua tau rakyat indo marah sama malayngsia.

      rakyat indo jngan ampe terpancing
      ok. hidup slalu “garuda di dadaku”

      junjung sportifitas untuk rakyat indo,merdekaaa!!!!!

  13. kalau punya bukti INDONESIA pakai laser silahkan kirim buktinya ke http://www.facebook.com/home.php#!/miirandha
    sayta berjanji memberi 2000 $ kepadamu ! berikan lah photo atau apapun yang jelas dan pasti !
    jangan hanya omong kosong !

  14. hemmm
    emang udah dasar malingsia…….
    eang namanya maling ma kagak ada yang mo ngaku
    malaysia anjiiiiiiiiiiiiiiiiiiing

  15. hmmmmm…… …. dari PeNgalAMaN INI muDAh” AN sUPorter INDoNESia Tdk MeLaKUkAN HaL Yg SAma sePeri mAlAysiA yAAAaaa….. kAn oRG inDONesiA maH SPortiiiiif iyE kAAaaan????….. CaRA mAlaySIa TUh kAmpuNGAn N’ g MUTU bgT kAlee Broow…. saKIng tAkutNye dIe kAlah diE nGeLaKUIN sGAlA CaRA BuAT BaNTU timnYA meNAng….. udahlaH YG kiTA PErluin sKg kASiH SupoRT BWT TIMNAS qT SUpAya MaENNYa BAgus….. Q HAraP teMeN” PaRA SupORTER inDOneSIa sPOrtIF yAAAAh… “GARUDA TETAP DI DADAKU “

  16. benderanya malaysia terbalik oleh suporternya sendiri…….. malu sekali!!! wkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkkwkwkkw
    harusnya gambar itu dipampang di halaman depan surat kabar malaysia!

  17. stadion boleh besar
    tapi sporter na sporter Tarkam semua
    (biasa nonton tanding antar kampung)
    maluin2 aja sporter malaisia

  18. Haha timnas Indonesia kbanyakan di ajak keluyuran kya ayam . Terus wartawan anjing ngpain ngundang 2 pemain untuk di wawancara terus rizal bakso lagi ngpain ya ngundang2 segala intinya pemain kecapean tapi teuing ketang teu apal urangmah hahaha

  19. tenang aja bro,…tiba masa nya angkat saya jadi presiden ya…..KLW SUDA JADI PRESIDEN….

    …SAYA MENYATAKAN PERANG SAMPAI TITIK DARA PENG HABISAN.BIAR SEMUA PADA PUAS..KALAH ATAU MENANG.

  20. boleh nanya nga kawan-kawan pecinta garuda…. di mana tempat.y orang beli laser…ijo??? klo ada yg tau tanya dong pengen ngebalas perbuatannya suporter malaisia”anjing” nihh…???

  21. INDON SIAL…!
    Tak usahlah penat cakap… mubazir
    kalau dah kalah ya dah lah….
    bikin dosa :-P

  22. Gonzales mana??? tak de nyaliiii….
    ko orang tak usah cakap lah penat je…
    udah susah beli pemain asing taunye kalah jua…
    naseeeebbbb.. INDON SIAL….

    • sundala ko dullah… ko pikir itu tim nas mu yg terindah mi kah…???? kita lian aja ntar malam…dasar…. MALAI SIAL…..

    • tunggu aja nanti mlm anjink……………

    • eh bangsat cakap kau ngomong,kau ngaca
      mana kreasi malaysia
      yang kaya babi laut
      kontol lo
      setan
      mak lo perek
      bapak lo germo
      keluarga lo pelacur
      keluarga haram
      malaysia negara haram
      jajahan inggris
      kacungnya inggris
      bangga
      gw dong dah merdeka dengan usaha sendiri
      anjing,babi,anak haram,keluraga kontol

    • malaysia….maling………………maling…maling………….keturunan maliing……masukan ke kandang ayam sajooooooooooo

  23. he dul tai orang malingsia,dunia tau indonesia kalah karna d curangi ama sporter malingsia,dasar tukang klaim,plagiat.nda malu.brani nda sporter malingsia nonton d indonesia.

  24. KAGAK USAH BNYK BACOT LOE MLYSA..
    PELATIH LOEH AJA PNGEN JDI PELTIH INDONESIA.
    TPII KAGAK SUDIH KITA PNYA PELTIH BEGONO.
    DUNIA AJA TW LW INDONESIA EMNG LUAR BIASA..

  25. Emang kriminal yah tetap kriminal

  26. garuda didadaku
    malingsyia koyox asu
    kuyakin hari rabu
    lima satu

    • weyh budak2 indon
      korang sumer tayah datang malaysia la
      gi keje kat negara ko
      bangun kan negara indon yang miskin nak mampus

      selalu kena bencana
      nilai rupiah yang rendah
      datang malaysia merompak
      merogol
      pendatang haram

      tak malu ke sial

      • bangsat kau malonte asu.. bicaramu amat menyedihkan. .melayu malon bicarany kyk bhs anjing,babi.cengkokny bikin muntah. . ,. untung g d pmpin anwr ibrhm homo,striker safee HOMO,pelatih malaisiaasu:KRISNABABI RAJAGOBLOKKK!!!

      • tak usah banyak bacot loe anjing…….kuping gue panas denger bahasa loe yang kurang ajar kepada kami……..anjing sia…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!negara kami bukan untuk di rendahkan……………apa mau kepala loe buat tendangan di negara kami………

      • malaysia maling di negara indonesia wkwkwk bikin maluuuuuuuuuuuuu 7 utrunan……….kasia malaysia miskin,,pake maling2 segala.seharus nya tangan nya di potong,,,,,,,,,,wat org yg suka maling….too

      • MALINGSIA ANJING BANSAT
        SUKA NYURI BUDAYA INDONESIA BANGSAT KW MALINGSIA
        ANJING KW MALINGSIA
        MALINGSIA BANGSAT PELACUR
        KONTOL KO MALAYSIA
        LASER TERBARU MALINGSIA (_)(_)=====D—-
        YG SUKA DI HISAP PARA SUPORTER MALINGSIA
        KU KACUKI ANAK PRESIDEN MALAYSIA HAHAHA

  27. kasian indonesia sangat cemburu dengan kemakmuran negara malaysia sehingga rakyatnya begitu bersemangat mengeluarkan kata-kata seperti masyarakat yang tidak bertamadun….

    • seharus nya.kalian malu…..meng klaem milik orang laen…..kalian mengambil hak org laen.apa kalian tidak malu menjadi warga negara malaysia yang terkanal maling..dan tidak tau malu..malaysia penduduk nya kata nya beradap, tpi kenapa tidak bisa menjunjung tinggi ahlak yang baik..
      seharus nya kita sebagai negara bertetangga hrus memliki hubungan baik jangan saling menjatuh kan..terutama kpda malaysia yg selalu bikin ulah dan masalah kpda indonesia…
      dan satu lg buat malaysia..cobalah untuk menjadi negara yang berdiri sendiri.tanpa harus berada di bawah ketek negara laen….sperti indonesia yang rela berjuang menaruh nyawa hanya untuk membela negara indonesia..dan indonesia adalah negara yang berdap dan tidak suka permusuhan..tapi jika musuh yang menantang, indonesia pantang untuk mundur…….

  28. we ko pikir ko bangga mi itu klo ko tinggal di negara yg bisa.y cuman maling kekayaannya ”indonesia”…??? se””….!!!! nda malu…

  29. GAruda di DADAKU
    MALAYSIA taK Tau malu
    ku yakin hari rabu
    5-1

  30. ajink lah kau malaysia …..

    kau bermaen sangat curang…..

  31. Ngaca malaysia ..
    lambang negara aja masih ikutiin indonesia ..
    merah dan putih.
    2. nama julukan malaysia jangan “HARIMAU MALAYSIA” aturan “TIKUS NGEREM”
    gk tau malu ngaku” hak paten seni budaya negara orang.
    3. Presiden nya turun kalo berani ! DAMN !
    4. kalo kami menyalurkan bantuan TKI/TKW aturan terima kasih dong ! jgn pulang” TKI/TKW km jadi cacad .!
    5. Saya Harap Negara” ASIA TENGGARA mengutuk kalian ! Camkan itu .

    • salam.. saya malaysia.. lebih baik kita berbaik2 menentang angkara mungkar yang berlaku.. bukannya sebab ciptaan yahudi ni kita gaduh.. kita sama2 islam.. cuba la berfikiran positif.. kalau kita bertengkar pun, shaitan dan musuh kita juga yang ketawa kerana sudah berjaya menjatuhkan kita.. jangan jadi macam iraq baru kita nak sedar.. dah terlambat wahai saudaraku.. indonesia boleh kutuk malaysia apa pun, tapi musuh kita iaitu nkafir laknatullah sedang berseronok melihat kita bermusuh.. saudaraku, bukakan lah hati mu.. ingat kata2 saudara seagama dengan mu.. salam..

      • benar sekali datuk,……..buat apa kta bermusuhan ,……tak ade gunanya,……bila ter jadi perang kta smua yang rugi,…….salam damai

  32. stadium bung karno akan di penuhi oleh kambing2 dan lembu2 yang lebih bertamadun untuk mengantikan penonton indon yang goblok dan gila babi

    • HAHAHA NAMA LO MALINGINDO EMANG KAPAN INDONESIA PERNAH NYURI BUDAYA LO BANGSAT BUDAYA LO TU GX ADA YG BERBOBOT,
      BUDAYA TURUN TEMURUN LO TU CUMAN NGCUK IBU KW SENDIRI
      KONTOL LAH BUAT MALINGSIA BANGSAT
      PRESIDEN MALINGSIA BANGSAT ANJING PIKUN

  33. sbagai org indo, saran aq sih nga usah dihina tuh malaysia…

    kita berbeda dengan mereka…
    damai!!

  34. Malaysia menang karena tidak sportive…..
    tidak berani main sportive……
    liat kami…bangsa indonesia……securang2xnya suporter malay,kami tidak membalasnya………
    karena bangsa indonesia adalah bangsa yang slalu menjujung tinggi sportivitas……..
    malaysia tidak punya malu……tidak bisa melihat pantatnya!!!!!!!!!!!kotor……..bangsa malay adalah bangsa pecun / pecundang!!!!!!!

  35. Hahahaha.. Malaysia berjaya… Harimau malaya membenam Garuda.. HARIMAU MALAYA BERJAYA..!

  36. Lebih baik kalah dengan terhormat daripada Menang dengan culas ulah suprternya..salut utk para pemain bola indonesia- malysia..tapi gua gak salut ama suporter mayasia kayang anjink2 gak punya aturan …gak fear..

  37. Indon tak usah mimpi jauh… nak menang piala AFF??? jauuuuhh….

    Cukuplah jadi bangsa BABU dan KULI…

    INDONSIAL…

    • malingsia buat app menang dngan cara tak sportif

    • satu pulau sumatra dtng ke malaysia , kecing rame2 , tnglam itu malingsia…….!!!!!!!!!

    • MALING SIA MENANG KARAN LASER NI
      (_)(_)========D——
      KALO GX PAKE LASER YG DI ATAS MANA MUNKIN MALINGSIA MENANG
      SAFES SALI AJA BOSAN NGELIAT PERMAINAN MALINGSIA
      DANCOK KW MALINGSIA

  38. Ak…bingung ya maling sial itu ko ga nyadar2 sdh dhina msh tetap bangga aja sama negara anteknya inggris kan kapir mgkn negaranya jg mulai kapir tu…ga nyadar juga ngambil kebudaya an indonesia mereka iri dgn ap yg ad diindonesia krn antek2 inggris budayanya suka perkosa dan nyiksa org aja.

  39. mudah mudahan ALLAH sedarkan penduduk Indonesia dan Malaysia. amiin. peace

  40. salam.. saya malaysia.. lebih baik kita berbaik2 menentang angkara mungkar yang berlaku.. bukannya sebab ciptaan yahudi ni kita gaduh.. kita sama2 islam.. cuba la berfikiran positif.. kalau kita bertengkar pun, shaitan dan musuh kita juga yang ketawa kerana sudah berjaya menjatuhkan kita.. jangan jadi macam iraq baru kita nak sedar.. dah terlambat wahai saudaraku.. indonesia boleh kutuk malaysia apa pun, tapi musuh kita iaitu nkafir laknatullah sedang berseronok melihat kita bermusuh.. saudaraku, bukakan lah hati mu.. ingat kata2 saudara seagama dengan mu.. sedarlah wahai sedaraku sekalian

  41. buat apa kta ribut ribut tak ade gunanya…….

  42. Hay Datuk Malaysia kami selaku warga negara Indonesia menghormati keinginan Malaysia untuk memenangkan Piala AFF yg pertama kalinya…….. tapi tolong SPORTIF dong dalam bertanding…….. POLICE MALAYSIA tak nampak, kalo ingin damai tunjukan kita dua negara bermain bersih……….

  43. TENGOK DEPAN JANGAN PUSING KIRI PUSING KANAN …..

    GARUDA DIDADAKU

  44. INDON EMANG NA GOBLOK.KOPLAK.

    uda kalah g ngaku koq. pantesan LHO JADI BANGSA KULI SERATA DUNIA!!! PAKE OTAK MU BROT!!!!!

    LHO BUKAN BINATANG!!!

  45. [...] Indonesia vs Malaysia, Perang Suporter di Dunia Maya Like this:ShareFacebookEmailPrintLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

  46. …hahahahhahh

  47. Malaysia pasti lah menang,, walau main di Indonesia dengan ratusan ribu suporter kami tak gentar, Harimau Malaya akan rebahkan Garuda.. Tak de gune beribu penonton,, yang penting menaaaaaaaaaaaaanggggggggggggg…….

    • NEGARE SAYE MALINGSIE TAK TAU MALU
      SUKE NYURI ,BUDAYA INDONESIA YG DAMAI
      BOSAN SYE DIAM DI MALAISYE YG BODOH+OON
      UNTUK PARE BUDAK INDONESIA
      JANGAN NAK PERGI KE MALAISYE
      KARNE TAK ADE 1 PUN LAGI PERAWAN DI MALINGSIE
      SEBAB PARAH PERAWAN DI MALAISYE DAH HABIS DI KACUK I BAK SENDIRI

  48. Terus setelah perang apa yang didapatkan? Bukankah yang menang jadi arang dan yang kalah jadu abu. Tidak perlu dengan perang, Malaysia kini menunggu waktu saja untuk kolaps. Sumber Daya Alam mereka sudah menipis, sistem ekonominya fundamentalnya rapuh. Lihat analisis lemba-lembaga ekonomi dunia, seluruhnya mengatakan fundamental ekonomi Jiran itu rapuh Ngapaian kita capek-capek perang. Toch yang akan terbunuh disana adalah Warga Muslim dan rumpun Melayu juga. Tapi kalau nekat mencaplok wilayah NKRI senjata harus diangkat.

    • bangga lo menang…..nget y BATIK.KERIS,ANGKLUNG,REOG,LAGU RASA SAYANGE,PULAU AMBALAT,TARI KECAK,WAYANG GOLEK,WAYANG KULIT.DANAPA YG LO AKUIN DRI INDONESIA IT SMUA PNYA INDONESIA.DASAR LO NEGARA YG NGAKUIN BUDAYA INDONESIA.KLO LO MSH NGAKU2IN LG LO BKL BERHADAPN MA MASYARAKAT INDONESIA….LO PGN TAU GMNA ANAK-ANAK ACEL+MASYRAKAT INDONESIA NYELESAI MSLAH’A ATE2 LO BKL GAME OVER…

  49. MALINGSIAL
    aduh” udah maling sial lagi , dasar lo malon bisa’a cuman njiplak doank , coba donk bkin budaya sendiri , masa njiplak trus sih , ga malu loh ?

  50. malingasi jangan di gangu tar marah macan nya , malaysia kan kurang pendidikan jadi bego kurang makan bangku sd shi …

    #wkwkwkwkw

  51. masak makan bangku sd ya bkan tambah pintar malah jadi orang goblok………….

    #hahahahahahahahah

  52. DddH

  53. angry bird = garuda

  54. ANJING MALING SIA BANGSAT

  55. ampe anak cucu haram salaman ama malay anjing !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  56. kalo ampe gua tau ada malay di indonesian gua matiin tu orang ..

  57. Kepanjangan “MALAYSIA”

    M —> Maling Budaya Indonesia !!
    A —-> Anjink WargaNya..!!
    L —-> Lemah Negaranya..!!
    Y —-> Yahh… Babi Gitu deh Negaranya..!!
    S —-> Suporter BolaNya kampungang..!!
    I —–> Ihhh,,Negara Di Kasi Kemerdeka’an Bangga..!! Maluu…!!!
    A —-> Ahhh,,Main Laser2.an,,Ntar gw kasi Lamu Sorot Mampus Lu…!!

  58. MALINGsia. ANJIIIIIIIIINGGGGGGG !! Bangsat Lu

  59. Udah, Bantei aja. Negara Maling Lu. BAJINGAN !! Gua Berani Berdiri Di Barisan Paling Depan Untuk Sang Garuda.
    Kita Perang pake Bambu Runcing Aja Bisa Menang, Apalagi Sekarang !! Tai lu Malingsia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: